Kamis, 26 Mei 2011

#mau daftar kuliah, mbak?




Percakapan ini terjadi ketika saya berada di sebuah mobil Carry yang ‘menyamar’ menjadi angkot di tengah kota Solo. Rencananya hari itu saya hendak mengikuti tes salah satu perusahaan yang diadakan di aula perpustakaan UNS. Hanya ada 2 orang di dalam mobil tersebut : saya dan si sopir.


Sopir  : “Ini mau kemana, Mbak?”

Saya  : “UNS, Pak.”

Sopir  : “Oh, mau ndaftar kuliah ya Mbak?”

Saya  : “…”

Sopir  : “UNS itu bagus lo Mbak, tapi Mbak kudu berjuang. Saingannya susah, pinter-pinter…se-Indonesia.”

Saya  : “…”

Sopir  : “Mbak dari mana?”

Saya  : “Jogja, Pak.”

Sopir  : “Oh, nanti ngekos aja, Mbak. Di daerah *** daerahnya aman, Mbak tinggal jalan kaki ke kampus, deket, Nggak usah mikir ongkos transport.”

Saya  : “…”

setelah sekian menit berlalu dalam perjalanan... 


Sopir  : “Sudah sampai, Mbak.”

Saya  : “Oya. Terimakasih, Pak.”

Sopir  :  “Saya doakan semoga keterima di UNS ya, Mbak!”
Saya  :  "... amin. Terimakasih, Pak..."


Hari itu—apakah penampilan saya yang jelas-jelas mencari kerja memang lebih tampak seperti pencari universitas? Atau—apakah saya sangat imut sehingga dikira lulus SMA? Dunno. Anyway, terimakasih atas bapak sopir yang ramah sekali itu :)


1 komentar: