Minggu, 26 Juni 2011

Sen to Chihiro no Kamikakushi (千と千尋の神隠し)

  



Saya bukan penggemar anime, kecuali produk Disney atau Pixar (mereka satu almamater nggak ya? Entah). 3D nya menyenangkan untuk dilihat. Pesan moralnya sih, biasa aja. Lalalalala. Tapi, saya barusan jatuh cinta sama anime besutan Ghibli. Judulnya Spirited Away atau Sen to Chihiro no Kamikakushi (千と千尋の神隠し). 

"Spirited Away dirilis di Jepang pada Juli 2001, menarik penonton sebanyak sekitar 23 juta dan meraup pendapatan sebesar 30 miliar yen, mengalahkan Titanic untuk menjadi film tersukses dalam sejarah Jepang. Film ini memenangkan penghargaan Oscar pada tahun 2002 dalam kategori Film Animasi Terbaik dan menjadi anime pertama yang meraih penghargaan dalam kategori tersebut. Film ini juga memenangkanGolden Bearpada Pesta Film Internasional Berlin 2002 (bersama Bloody Sunday)."
(Wikipedia)



Dan intinya apa? 



Intinya saya terharu (yang sebenernya juga nggak bisa jadi alasan utama juga, sih, secara pada dasarnya saya terlalu gampang terharu) gara-gara tokoh utama nya, seorang anak kecil bernama Chihiro, memiliki hati yang sangat tulus. Dia rela menjual jiwanya pada ratu sihir (fiksi-fantasi sekali, kan?) demi menyelamatkan orangtuanya yang jadi babi gara-gara salah makan. Intinya sih itu, plus ditambah plot yang menarik (film ini dibeli hak pemfilmannya oleh Disney).

Pesan moralnya? Tonton sendiri saja deh, yang jelas film ini ringan namun memiliki esensi yang dalam sekali. Sangat bagus untuk ukuran animasi sederhana :)


Another Ghibli’s must-have-to-see,


Tonari no Totoro (となりのトトロ) 



Gake no Ue no Ponyo (崖の上のポニョ)
Film ini memenangkan 7 penghargaan, termasuk Japan Academy Prize for Animation of the Year.    





1 komentar:

  1. Wah aku juga baru nonton ini film, padahal sudah tahu reviewnya bertahun-tahun yang lalu. Penuh pesan moral, dan memang layak mendapatkan Oscar

    BalasHapus