Minggu, 25 November 2012

Bandung in de taak : Oude & Goed



Kalau tugas negara, ke Bandung pula, apa yang bakal dicari?

Kalau saya, makanan. 
Semakin aneh, semakin bagus.
Minat saya akan makanan, kadang-kadang sedikit berbanding lurus dengan atmosfir 'langka' dari arsitekturnya.
Semakin kuno, semakin menarik...

**

Karena saya menginap di Naripan, sementara tempat bertugas adalah di Landmark, jadilah kadang-kadang suka jalan pulang pergi sepanjang Braga. Satu yang paling menarik bagi saya di sepanjang jalan itu adalah sebuah tempat makan tempo dulu, dengan tingkat kejadulan cukup tinggi. 

Sumber Hidangan, Jl Braga 20-22.


Yang dijual? Banyak. Menu jadul dengan bahasa Belanda. Top request nya adalah sederetan menu ice cream yang manis luarbiasa, seperti Snow White ice, Fosco. Untung ada penawar berupa teh tawar hangat, karena saya tidak terlalu suka manis. Untuk beberapa menu beratnya ada menu western seperti beef steak, hot dog, spaghetti. Menu eastern-nya? Well, menu nasional Indonesia macam Nasi goreng, dan banyak lagi :)
Menambah kejadulan, pelayannya pun bapak-bapak hampir limapuluhtahunan... Yang membuat saya jatuh cinta sebenarnya interiornya yang jadul aseli. Bak dilempar ke masa lalu!


Deretan kursi yang nyaman, bikin lupa waktu


 susunan lampu gantung yang semi temaram


 Dari sudut ini, aktivitas kendaraan yang lalu lalang sepanjang Braga bisa diakses dari balik jendela. Back to the past!





 Sedikit tidak terawat, namun entah kenapa plafon ini justru menambah nilai heritage bangunan


 Bagian yang menjual kue-kue jaman dulu. Harganya lumayan, karena bahan-bahan dan cara pembuatannya masih sangat tradisional. Sebut saja soes, bokkepoot, chocolade rotajes. 
 Deze buitengewone...


Roti sederhana minimalis ini, buat saya adalah street food yang sangat menolong kegilaan perut saya yang suka berulah di tengah malam. Namanya roti kukus. 

 Sangat nikmat dilahap ketika hangat. 
Puffy. Tasty. 
Gurih dengan olesan butter, roti kukus ini ada berbagai rasa. Nyum!


 Sangat cocok, dinikmati hangat-hangat di udara Bandung yang brrr...


Sekilas tadi sambil lalu saya di Bandung, yang kebetulan sedang minim hiburan saking keterbatasan waktu. Then, sayonara!

 Landscape Bandung dari atas kereta api, sekilas mengingatkan saya pada Ubud












3 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Ceritanya bgs2, apa adanya...
    jdi pengen kenal sma orgnya...
    Maaf, minta email dg mbak?
    makasi...

    BalasHapus
  3. nursasi.septarina@gmail.com
    terimakasih :)

    BalasHapus