Rabu, 21 September 2011

Ikan yang sedang berproses di kolam kecil ini…



Ada beberapa hal, yang membuat saya cukup klik di perusahaan saya sekarang. Hal yang simpel, dan mungkin dilakukan oleh banyak dan mungkin seluruh perusahaan. Tapi tetap saja, penting untuk dicatut sebagai note saya pribadi. Diantaranya...
1.     Ada kepedulian mengenai isu hijau di perusahaan ini, bahkan masuk dalam poin efisiensi tiap cabang. Saya cukup norak dan terharu ketika sistem di perusahaan ini adalah PLO (paperless office). Semua laporan adalah dalam bentuk soft file. Tidak diperkenankan melakukan prin materi apapun kecuali untuk kepentingan konsumen. Menggunakan kertas bekas untuk fotokopi dan keperluan lain sebisa mungkin. Sekecil apapun upaya hijau ini—whateverwhat a great deal.
2.    Masih ada basic value yang dipegang teguh disini : jujur. Persetan dengan tantangan yang ada, tapi toh—jujur—tetap saja melandasi tanggungjawab pegawainya. Seriusan deh, bukan lagi jujur ajur. Tapi jujur mujur.. Sekali coba-coba tak jujur, karir disini pun tinggal nama *saksihidup*.
Percayalah (dan saya percaya) ada karir disini. Ketika kamu percaya bahwa jujur adalah mujur.
3.    Your career is determined by yourself performance. Ini adalah harga mutlak. Sangat mutlak. Saya dipaksa keluar dari zona nyaman yang—haaaa—mengendap dalam diri saya. Sepintar apapun kamu, sekaya apapun kamu, se-cumlaude apapun kamu, sebeken apapun universitas asalmu, bla bla bla, selama kamu tak menunjukkan performansi yang oke… yang ada you punya karir bakal stuck. Tak bisa disundul dengan apapun. Behhh… rrrrrr.
Percayalah (dan saya percaya) ada karir disini. Ketika kamu ‘menjual diri’ mu dengan performansi yang maksimal.
4.    Multikultural. Seumur hidup saya hidup dan berkembang disekeliling orang-orang bersuku sama dengan saya. Yah—jadi semi-semi rada chauvinis sih :p
Dan… saya sangat bersyukur, bisa mengenal dan bergaul dengan komposisi individu multikultur disini. Sabang sampai Merauke, 180° berkebalikan dengan saya. Sangat menantang, ketika saya harus berhadapan dengan ritme kerja koko dan cici *ups* atau kaka’/abang/siapapun. Dan saya mengetuk kepala saya sendiri : “Hello…kemana aja kamu??”
Well, such a great moment. Ini, adalah salah satu alasan saya ketika memutuskan siap ditempatkan si seluruh Indonesia Raya, saya belum tahu apa-apa.

Anw, saya pernah posting entah kapan sebelumnya,
(Kelak) saya berjanji akan berkembang di kolam yang kecil untuk menjadi ikan yang sehat dan produktif. Ketimbang saya ngoyo di kolam yang besar untuk kemudian menjadi bayangan. Mungkin disini tampak ‘tidak ada apa-apanya’, namun saya justru mendapatkan big picture awal fase saya berikutnya :) Enjoy, folks.





1 komentar: