Sabtu, 29 Juli 2017

You've Got so Selfish




You've got so selfish.


**


Kita berbicara tentang sebuah mental berani pasang badan. Yang menggelontorkan waktunya untuk apa yang diyakini.

Dan biasanya hal itu akan disambut dengan pikiran nyinyir,

"Buang-buang waktu."
"Ah, sok pahlawan kesiangan."
"Gunakan cara yang smooth."
"Ah, itu sangat tidak menguntungkan secara organisasi."
"Kerjaan sudah banyak, kenapa harus meribetkan hal konyol seperti ini?"

Iya, karena hal seperti ini adalah bunuh diri. Mental berani pasang badan adalah 'bunuh diri' secara citra. Apalagi jika hidup kita memang didedikasikan untuk meraih gemerlap tepuk tangan. Tapi, apakah benar esensi kerja keras atau kerja cerdas--whatever, you named it--hanya berakhir dengan rasa enggan karena konformitas? Kenapa kadang masih ragu untuk mempertahankan hal kecil yang cenderung remeh, hanya karena khawatir nama tercemar, sementara hal itu sebenarnya sangat prinsipil dan konyolnya--hal yang benar?

Karena, dunia tidak sesederhana dan senaif itu, dear.

Dan karena dunia tidak sesederhana dan senaif itu,

Saya pernah mengalami bullying saat remaja, karena alasan terkonyol yang pernah saya temukan dan melibatkan rekan sekelas hanya karena mereka--yang tak tahu apa-apa--takut ikut dibully kalau tidak memusuhi saya,
Para working-mother yang mendapat judge sosial karena dianggap mentelantarkan anak hanya karena mereka memilih bekerja membantu keluarga, berimbas stress berat dan menghambat produksi ASI,
Dua wanita di Bandung hingga Chester yang memilih tutup usia dengan bunuh diri, keduanya sama-sama terindikasi stress berat karena coping strategy nya gagal. Keluarga kaget (?)
Ah, entah apa lagi.

Dan karena dunia tidak sesederhana dan senaif itu, apakah benar-benar tak ada ruang keberanian manusia untuk sekedar menyuarakan apa yang seharusnya diperjuangkan?

Hanya karena nama baik?

Beberapa orang mungkin akan menjawab,
Iya.


Pilihan. Dan selalu ada kesempatan untuk benar-benar berbuat baik dan berguna untuk orang lain, kok. Bukan sekedar 'punya' nama baik.
















Tidak ada komentar:

Posting Komentar